Mon. Jul 22nd, 2024

Hello, Sobat Klasikin! Siapa yang tidak suka dengan masakan Nusantara? Rasanya yang khas dan beragam membuat masakan Indonesia menjadi salah satu yang paling dicari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, tidak semua orang bisa membuat masakan Nusantara yang rumit dan membutuhkan banyak bahan. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang masakan Nusantara yang sederhana dan mudah dibuat di rumah.

1. Soto Ayam

Soto Ayam merupakan salah satu masakan Nusantara yang paling terkenal dan mudah dibuat. Bumbu dasar soto ayam terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan kunyit yang dihaluskan. Kemudian, rebus ayam dengan bumbu tersebut dan tambahkan air hingga mendidih. Sajikan dengan mie, taoge, tahu, dan bawang goreng.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah makanan yang paling umum dan mudah dibuat di Indonesia. Tidak hanya enak, nasi goreng juga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Bumbu dasar nasi goreng terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan kecap manis. Tambahkan nasi putih, telur, dan bahan-bahan tambahan seperti daging ayam atau udang untuk membuat nasi goreng yang lebih spesial.

3. Sayur Asam

Sayur Asam adalah masakan Nusantara yang terbuat dari campuran sayuran segar seperti kangkung, kacang panjang, jagung manis, dan terong. Campurkan dengan bumbu asam manis yang terdiri dari air asam, gula merah, bawang merah, dan cabai. Masakan ini cocok untuk disajikan saat cuaca dingin atau sebagai lauk saat makan siang.

4. Gado-Gado

Gado-gado merupakan salah satu masakan Nusantara yang terkenal dan mudah dibuat. Bumbu dasar Gado-gado terdiri dari kacang tanah yang dihaluskan, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Potong-potong sayuran seperti tauge, kentang, dan kangkung, kemudian tambahkan bumbu kacang dan kecap manis. Sajikan dengan kerupuk dan telur rebus.

5. Pepes Ikan

Pepes Ikan adalah masakan Nusantara yang terbuat dari ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Campurkan ikan dengan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun jeruk. Kemudian, bungkus ikan dengan daun pisang dan bakar di atas api hingga matang. Pepes ikan cocok disajikan dengan nasi putih dan sambal.

6. Sambal Goreng Kentang

Sambal Goreng Kentang adalah masakan Nusantara yang terbuat dari kentang yang digoreng dan disajikan dengan bumbu sambal. Potong kentang dan goreng hingga matang. Kemudian, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum. Tambahkan kentang dan santan, lalu masak hingga bumbu meresap. Sajikan dengan nasi putih dan irisan mentimun.

7. Bakwan Jagung

Bakwan Jagung adalah camilan yang terbuat dari jagung dan tepung terigu. Campurkan jagung yang telah diparut dengan bawang merah, daun bawang, dan tepung terigu. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dan goreng hingga matang. Bakwan jagung cocok disajikan sebagai camilan atau pendamping makanan.

8. Tumis Kangkung

Tumis kangkung adalah masakan Nusantara yang mudah dibuat dan sehat. Tumis kangkung dengan bawang putih, bawang merah, dan cabai. Kemudian, tambahkan sedikit garam dan gula. Tumis kangkung cocok disajikan sebagai lauk saat makan siang atau makan malam.

9. Ayam Goreng Mentega

Ayam Goreng Mentega adalah masakan Nusantara yang terbuat dari ayam goreng dengan saus mentega. Goreng ayam hingga matang dan rebus saus mentega yang terdiri dari mentega, bawang putih, dan kecap manis. Sajikan ayam goreng mentega dengan nasi putih dan irisan tomat.

10. Sambal Udang

Sambal Udang adalah masakan Nusantara yang terbuat dari udang yang disajikan dengan bumbu sambal. Rebus udang dengan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat. Sambal udang cocok disajikan sebagai lauk saat makan siang atau makan malam.

11. Sate Ayam

Sate Ayam adalah masakan Nusantara yang terbuat dari daging ayam yang ditusuk dan dibakar. Campurkan daging ayam dengan bumbu kecap manis, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Tusuk daging ayam dengan tusuk sate, kemudian bakar di atas api hingga matang. Sajikan dengan nasi putih dan sambal.

12. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh adalah masakan Nusantara yang terbuat dari campuran sayuran seperti labu, tauge, dan tempe. Campurkan sayuran dengan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan santan. Masak hingga sayuran matang dan bumbu meresap. Sayur lodeh cocok disajikan sebagai lauk saat makan siang atau makan malam.

13. Sop Ayam

Sop Ayam adalah masakan Nusantara yang terbuat dari ayam dan sayuran seperti wortel, kentang, dan daun bawang. Rebus ayam dengan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan merica. Tambahkan sayuran dan air hingga mendidih. Sop ayam cocok disajikan saat cuaca dingin atau sebagai menu makan malam yang hangat.

14. Tempe Goreng

Tempe Goreng adalah camilan yang terbuat dari tempe yang digoreng. Potong tempe dan goreng hingga matang. Tambahkan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan cabai. Tempe goreng cocok disajikan sebagai camilan atau pendamping makanan.

15. Tahu Goreng

Tahu Goreng adalah camilan yang terbuat dari tahu yang digoreng. Potong tahu dan goreng hingga matang. Tambahkan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan cabai. Tahu goreng cocok disajikan sebagai camilan atau pendamping makanan.

16. Telur Dadar

Telur Dadar adalah masakan Nusantara yang terbuat dari telur yang digoreng. Campurkan telur dengan bawang putih, bawang merah, dan garam. Goreng telur hingga matang. Telur dadar cocok disajikan sebagai lauk saat makan siang atau makan malam.

17. Ikan Goreng

Ikan Goreng adalah masakan Nusantara yang terbuat dari ikan yang digoreng. Campurkan ikan dengan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan air jeruk nipis. Goreng ikan hingga matang. Ikan goreng cocok disajikan sebagai lauk saat makan siang atau makan malam.

18. Oseng Mercon

Oseng Mercon adalah masakan Nusantara yang terbuat dari daging sapi yang dioseng dengan bumbu pedas. Campurkan daging sapi dengan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat. Tambahkan air dan masak hingga daging matang. Oseng mercon cocok disajikan sebagai lauk saat makan malam bersama keluarga.

19. Es Buah

Es Buah adalah minuman segar yang terbuat dari campuran buah-buahan segar dan sirup. Potong-potong buah seperti nanas, semangka, dan melon, kemudian tambahkan sirup dan es batu. Es buah cocok disajikan sebagai minuman segar saat cuaca panas.

20. Es Campur

Es Campur adalah minuman segar yang terbuat dari campuran cendol, kelapa muda, dan sirup. Tambahkan es batu dan santan, kemudian sajikan dengan sirup. Es campur cocok disajikan sebagai minuman segar saat cuaca panas.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh masakan Nusantara sederhana yang mudah dibuat di rumah. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang simpel, kita bisa menikmati kelezatan masakan Indonesia tanpa harus repot-repot pergi ke restoran. Selamat mencoba, Sobat Klasikin!

By Wahyuni