Mon. Jul 22nd, 2024

Hello Sobat Klasikin! Ada yang suka menyantap makanan pedas di antara kalian? Kalau iya, pasti sudah tak asing lagi dengan sambal bakar. Sambal bakar adalah salah satu jenis sambal yang dibuat dengan cara dibakar atau digoreng terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Sambal ini memiliki rasa yang gurih dan pedas yang membangkitkan selera makan. Nah, kali ini kita akan membahas resep sambal bakar yang bisa kalian coba di rumah.

Bahan-bahan Sambal BakarSebelum memulai membuat sambal bakar, pastikan kalian telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat sambal bakar:1. Cabai rawit sebanyak 250 gram2. Bawang putih sebanyak 5 siung3. Bawang merah sebanyak 5 siung4. Tomat sebanyak 2 biji5. Garam sebanyak 1 sendok teh6. Gula merah sebanyak 2 sendok makan7. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal BakarSetelah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, kini saatnya membuat sambal bakar. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian ikuti:1. Pertama-tama, potong cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan tomat menjadi ukuran yang lebih kecil supaya lebih mudah dihaluskan.2. Panaskan minyak goreng di wajan. Setelah minyak cukup panas, masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris-iris. Tumis hingga harum.3. Masukkan cabai rawit ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga cabai agak layu.4. Selanjutnya, masukkan tomat yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk hingga tomat tercampur rata dengan bahan lainnya.5. Tambahkan gula merah dan garam ke dalam wajan. Aduk hingga bahan tercampur rata.6. Setelah semua bahan tercampur, matikan kompor dan biarkan bahan dingin.7. Setelah bahan dingin, haluskan bahan-bahan tadi menggunakan blender atau ulekan sampai halus.8. Setelah halus, panggang sambal di atas wajan atau panggangan sampai matang dan harum. Sambal bakar siap disajikan.

Tips Membuat Sambal BakarAgar sambal bakar yang kalian buat terasa lebih nikmat, berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan:1. Tambahkan bahan lain sesuai selera. Misalnya, jeruk nipis, kecap manis, atau bawang goreng.2. Gunakan bahan-bahan yang segar untuk menghasilkan sambal yang lebih lezat.3. Gunakan blender atau ulekan dengan hati-hati supaya sambal tidak terlalu halus atau kasar.4. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak goreng supaya sambal tidak terlalu berminyak.

KesimpulanItulah resep sambal bakar yang bisa kalian coba di rumah. Sambal ini sangat cocok disantap bersama dengan makanan yang berkuah atau sebagai bumbu pelengkap untuk nasi goreng dan mie goreng. Selamat mencoba!

By Wahyuni