Mon. Jul 22nd, 2024

Asal Usul Pisang Gapit

Hello Sobat Klasikin, kali ini kita akan membahas tentang kuliner khas Banjar yang satu ini yaitu pisang gapit. Pisang gapit merupakan makanan ringan yang sangat populer di Kalimantan Selatan terutama di daerah Banjar. Makanan yang satu ini memiliki rasa manis dan sedikit gurih yang membuat siapa saja ketagihan. Pisang gapit sendiri berasal dari kata “gapit” yang artinya menjepit atau mencelupkan. Pisang gapit ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional dan toko oleh-oleh di daerah Banjar.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat pisang gapit khas Banjar, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  1. 10 buah pisang tanduk, potong-potong sesuai selera
  2. 1/2 kg tepung ketan
  3. 200 ml air matang
  4. 100 gram kelapa parut
  5. 50 gram gula merah, serut halus
  6. 1/2 sendok teh garam
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Pisang Gapit Khas Banjar

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat pisang gapit khas Banjar:

  1. Campurkan tepung ketan, air matang, gula merah serut, dan garam hingga tercampur rata, sisihkan
  2. Goreng kelapa parut hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan
  3. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang
  4. Celupkan potongan pisang ke dalam adonan tepung ketan hingga rata
  5. Goreng pisang yang sudah dicelupkan ke dalam adonan hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan
  6. Lumuri pisang yang sudah digoreng dengan kelapa parut yang sudah digoreng tadi, lakukan hingga seluruh permukaan pisang terlapisi kelapa parut
  7. Pisang gapit khas Banjar siap disajikan

Cara Penyajian Pisang Gapit Khas Banjar

Pisang gapit khas Banjar biasanya disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Kamu bisa menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman. Pisang gapit juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau bahkan untuk dijual kembali. Rasanya yang manis dan gurih membuat pisang gapit khas Banjar cocok dijadikan sebagai camilan kapan saja.

Keunikan Pisang Gapit Khas Banjar

Pisang gapit khas Banjar memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pisang gapit dari daerah lain. Keunikan tersebut terletak pada rasa dan tekstur pisang. Tekstur pisang gapit khas Banjar lebih kenyal dan lembut, sedangkan rasa manis dan gurihnya sangat khas dan membuat lidah ketagihan. Selain itu, pilihan pisang tanduk sebagai bahan utama juga memberikan rasa yang berbeda dibandingkan dengan pisang gapit dari pisang raja atau pisang kepok.

Manfaat Pisang Gapit Khas Banjar

Pisang gapit khas Banjar mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pisang sendiri sudah terkenal sebagai buah yang kaya akan kandungan kalium, serat, vitamin C, dan vitamin B6. Selain itu, adonan tepung ketan yang digunakan untuk celupan pisang juga mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi lebih. Kelapa parut yang digunakan sebagai taburan pada pisang gapit khas Banjar juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan tubuh.

Kesimpulan

Demikianlah resep membuat pisang gapit khas Banjar yang super lezat dan gurih. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang cukup sederhana, kamu bisa membuat sendiri pisang gapit khas Banjar di rumah. Pisang gapit khas Banjar juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau bahkan untuk dijual kembali. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

By Wahyuni