Mon. Jul 22nd, 2024

Hello Sobat Klasikin, kali ini kita akan membahas tentang olahan makanan dari singkong parut. Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Selain rasanya yang enak, singkong juga kaya akan nutrisi dan serat yang baik untuk tubuh kita. Salah satu cara memasak singkong yang mudah dan lezat adalah dengan membuat olahan dari singkong parut. Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui berbagai macam olahan makanan dari singkong parut yang bisa kamu coba di rumah!

1. Serabi Beras Singkong

Siapa yang tidak suka dengan serabi? Serabi merupakan salah satu jajanan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Namun, kali ini kita akan membuat serabi dengan bahan utama singkong parut. Untuk membuat serabi beras singkong, kamu hanya perlu mencampurkan beras, singkong parut, santan, gula dan garam. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke atas cetakan serabi dan panggang hingga matang. Serabi beras singkong siap disajikan dengan taburan kelapa parut atau kinca.

2. Singkong Goreng Crispy

Singkong goreng crispy menjadi salah satu olahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggoreng singkong parut hingga kecoklatan dan renyah. Kamu juga bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, atau bubuk cabe agar rasanya lebih gurih dan pedas. Singkong goreng crispy bisa disajikan sebagai cemilan atau sebagai lauk pendamping nasi.

3. Pukis Singkong

Pukis singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup unik. Pukis singkong memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan pukis pada umumnya. Untuk membuat pukis singkong, kamu hanya perlu mencampurkan tepung terigu, tepung beras, santan, telur, dan singkong parut. Setelah adonan siap, tuangkan ke dalam cetakan pukis dan panggang hingga matang. Pukis singkong siap disajikan dengan taburan kelapa parut atau kinca.

4. Lumpia Singkong

Lumpia singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup mudah dibuat. Lumpia singkong memiliki rasa yang manis dan gurih. Untuk membuat lumpia singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, telur, gula, garam, dan kelapa parut. Setelah adonan tercampur rata, ambil selembar kulit lumpia, letakkan adonan di atasnya, lalu gulung dan goreng hingga kecoklatan. Lumpia singkong siap disajikan sebagai cemilan atau sebagai lauk pendamping nasi.

5. Kue Rangi

Kue rangi merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Kue rangi memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Untuk membuat kue rangi, kamu hanya perlu mencampurkan tepung ketan, singkong parut, gula, dan air. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 30 menit. Kue rangi siap disajikan sebagai camilan atau sebagai makanan penutup.

6. Martabak Singkong

Martabak singkong menjadi salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Martabak singkong memiliki rasa yang manis dan gurih. Untuk membuat martabak singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, tepung terigu, gula, garam, telur, dan santan. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam wajan dan beri topping sesuai selera. Martabak singkong siap disajikan sebagai cemilan atau sebagai lauk pendamping nasi.

7. Waffle Singkong

Waffle singkong menjadi salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup unik. Waffle singkong memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Untuk membuat waffle singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, tepung terigu, telur, gula, dan santan. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam cetakan waffle dan panggang hingga matang. Waffle singkong siap disajikan dengan topping sesuai selera, seperti madu, keju, atau selai.

8. Kue Lapis Singkong

Kue lapis singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Kue lapis singkong memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Untuk membuat kue lapis singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, gula, garam, air, dan pewarna makanan. Setelah adonan tercampur rata, kukus adonan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 30 menit. Kue lapis singkong siap disajikan sebagai camilan atau sebagai makanan penutup.

9. Onde-Onde Singkong

Onde-onde singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Onde-onde singkong memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Untuk membuat onde-onde singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, gula, kelapa parut, dan air. Setelah adonan tercampur rata, bulatkan adonan dan isi dengan gula merah. Setelah itu, kukus onde-onde selama kurang lebih 10 menit. Onde-onde singkong siap disajikan sebagai camilan atau sebagai makanan penutup.

10. Talam Singkong

Talam singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Talam singkong memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Untuk membuat talam singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, tepung terigu, santan, gula, dan pewarna makanan. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam cetakan talam dan kukus selama kurang lebih 30 menit. Talam singkong siap disajikan sebagai camilan atau sebagai makanan penutup.

11. Klepon Singkong

Klepon singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Klepon singkong memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Untuk membuat klepon singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, tepung ketan, kelapa parut, dan garam. Setelah adonan tercampur rata, bulatkan adonan dan isi dengan gula merah. Setelah itu, rebus klepon singkong hingga mengapung dan angkat. Klepon singkong siap disajikan sebagai camilan atau sebagai makanan penutup.

12. Emping Singkong

Emping singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Emping singkong memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Untuk membuat emping singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, tepung terigu, garam, merica, dan air. Setelah adonan tercampur rata, pipihkan adonan dan potong-potong sesuai selera. Setelah itu, goreng emping singkong hingga kecoklatan dan renyah. Emping singkong siap disajikan sebagai cemilan.

13. Bakwan Singkong

Bakwan singkong menjadi salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Bakwan singkong memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Untuk membuat bakwan singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, tepung terigu, telur, bawang putih, garam, merica, dan air. Setelah adonan tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dan goreng hingga kecoklatan dan renyah. Bakwan singkong siap disajikan sebagai cemilan atau sebagai lauk pendamping nasi.

14. Serundeng Singkong

Serundeng singkong menjadi salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Serundeng singkong memiliki rasa yang gurih dan pedas. Untuk membuat serundeng singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, kelapa parut, cabe merah, bawang putih, garam, gula, dan air. Setelah adonan tercampur rata, tumis adonan hingga kering dan matang. Serundeng singkong siap disajikan sebagai taburan untuk nasi atau sebagai camilan.

15. Biji Salak Singkong

Biji salak singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup unik. Biji salak singkong memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Untuk membuat biji salak singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, tepung ketan, gula, dan air. Setelah adonan tercampur rata, bulatkan adonan dan potong-potong sesuai selera. Setelah itu, rebus biji salak singkong hingga mengapung dan angkat. Biji salak singkong siap disajikan sebagai camilan atau sebagai makanan penutup.

16. Kripik Singkong

Kripik singkong menjadi salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Kripik singkong memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Untuk membuat kripik singkong, kamu hanya perlu menggoreng singkong parut hingga kering dan renyah. Kamu juga bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, atau bubuk cabe agar rasanya lebih gurih dan pedas. Kripik singkong siap disajikan sebagai cemilan atau sebagai lauk pendamping nasi.

17. Jalangkote Singkong

Jalangkote singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Jalangkote singkong memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Untuk membuat jalangkote singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, tepung terigu, telur, bawang putih, garam, merica, dan air. Setelah adonan tercampur rata, bentuk adonan menjadi segitiga dan isi dengan sayuran atau daging sesuai selera. Setelah itu, goreng jalangkote singkong hingga kecoklatan dan renyah. Jalangkote singkong siap disajikan sebagai cemilan atau sebagai lauk pendamping nasi.

18. Dadar Gulung Singkong

Dadar gulung singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Dadar gulung singkong memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Untuk membuat dadar gulung singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, telur, gula, santan, dan tepung terigu. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke atas wajan dan panggang hingga matang. Setelah itu, olesi dadar dengan gula merah cair dan gulung. Dadar gulung singkong siap disajikan sebagai makanan penutup.

19. Singkong Bakar

Singkong bakar menjadi salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup populer di Indonesia. Singkong bakar memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Untuk membuat singkong bakar, kamu hanya perlu memanggang singkong parut yang sudah dicampur dengan gula pasir hingga matang. Kamu juga bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti keju atau susu kental manis. Singkong bakar siap disajikan sebagai camilan atau sebagai makanan penutup.

20. Es Krim Singkong

Es krim singkong menjadi salah satu olahan makanan dari singkong parut yang cukup unik. Es krim singkong memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Untuk membuat es krim singkong, kamu hanya perlu mencampurkan singkong parut, gula, susu, dan whipped cream. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam wadah es krim dan bekukan selama kurang lebih 4 jam. Es krim singkong siap disajikan sebagai makanan penutup.

Kesimpulan

Itulah berbagai macam olahan makanan dari singkong parut yang bisa kamu coba di rumah, Sobat Klasikin. Singkong parut memang sangat serbaguna dan bisa dijad

By Wahyuni