Mon. Jul 22nd, 2024

Salam sehat selalu, Sobat Klasikin! Hari ini, kita akan membahas makanan khas daerah yang simple, enak, dan pastinya menyehatkan. Makanan khas daerah seringkali identik dengan bumbu rempah yang khas dan cita rasanya yang unik. Namun, makanan khas daerah juga bisa disajikan dengan cara yang lebih simple, tanpa mengurangi cita rasa yang lezat. Yuk, kita simak beberapa makanan khas daerah yang simple namun tetap lezat.

1. Gado-gado

Gado-gado merupakan makanan khas Jawa Barat yang berisi sayuran hijau seperti kacang panjang, kangkung, dan tauge yang disiram dengan saus kacang dan taburan kerupuk. Gado-gado bisa disajikan dengan nasi atau lontong. Meskipun terlihat simple, gado-gado tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena kaya akan serat dan gizi dari sayuran hijau.

2. Sate Padang

Sate Padang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terkenal dengan bumbu kacangnya yang khas. Pada dasarnya, sate Padang terdiri dari daging sapi atau kambing yang ditusuk dan dibakar dengan cara yang sama seperti sate kebanyakan. Namun, bumbunya yang kaya akan rempah memberikan cita rasa yang khas dan berbeda dari sate kebanyakan. Jika ingin lebih simple, sate Padang juga bisa disajikan dengan nasi putih.

3. Sop Buntut

Sop buntut merupakan makanan khas Jakarta yang terbuat dari ekor sapi yang direbus dengan bumbu rempah yang kaya rasa. Sop buntut biasanya disajikan dengan nasi dan irisan tomat serta seledri. Meskipun terlihat sederhana, sop buntut tetap menjadi favorit banyak orang karena cita rasanya yang enak dan menghangatkan.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Nasi goreng terbuat dari nasi yang digoreng dengan bumbu rempah dan kemudian dicampur dengan telur, ayam, atau udang. Nasi goreng bisa dijadikan makanan yang simple dan cepat saat sedang malas memasak karena hanya membutuhkan bahan-bahan dasar seperti nasi, telur, dan bumbu.

5. Martabak

Martabak merupakan makanan khas Indonesia yang terdiri dari adonan tepung yang diisi dengan daging sapi atau kambing dan telur. Martabak biasanya dijual di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau. Meskipun simple, martabak tetap menjadi salah satu makanan favorit banyak orang karena cita rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut.

6. Pempek

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung ikan yang dibentuk dan kemudian digoreng. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka dan taburan ebi. Pempek bisa dijadikan makanan yang simple saat sedang tidak punya banyak waktu untuk memasak karena cukup membeli pempek yang sudah dijual di pasar atau toko.

7. Soto Ayam

Soto ayam merupakan makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terdiri dari ayam yang direbus dengan bumbu rempah dan kemudian disajikan dengan irisan tomat, seledri, dan telur rebus. Soto ayam bisa dijadikan makanan yang simple dan hangat saat sedang ingin makan sesuatu yang menghangatkan pada malam hari.

8. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Minangkabau yang terkenal dengan cita rasa rempahnya yang kaya. Rendang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dimasak dengan bumbu rempah dan air santan hingga kuahnya kering dan dagingnya empuk. Meskipun terlihat sulit untuk dimasak, rendang sebenarnya bisa disajikan dengan cara yang lebih simple dan tetap enak.

9. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari ati ayam yang digoreng dan kemudian disajikan dengan bumbu rempah yang khas dan pedas. Sambal goreng ati bisa disajikan dengan nasi putih dan sayuran hijau seperti kacang panjang atau tauge. Meskipun terlihat simple, sambal goreng ati tetap memberikan cita rasa yang khas dan pedas yang enak.

10. Sayur Asem

Sayur asem merupakan makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terbuat dari sayuran hijau seperti kacang panjang, jagung, dan labu yang dimasak dengan bumbu rempah dan air asam. Sayur asem bisa disajikan dengan nasi atau lontong. Meskipun terlihat simple, sayur asem tetap memberikan rasa yang segar dan khas dari bumbu rempah dan air asam.

11. Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan makanan khas Bogor yang terkenal dengan bumbunya yang kaya akan rempah. Sate Maranggi terbuat dari daging sapi atau kambing yang kemudian ditusuk dan dibakar dengan bumbu rempah yang khas. Sate Maranggi bisa disajikan dengan nasi putih atau lontong. Meskipun terlihat simple, sate Maranggi tetap memberikan cita rasa yang enak dan khas.

12. Sop Iga

Sop iga merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari iga sapi yang direbus dengan bumbu rempah yang khas. Sop iga biasanya disajikan dengan irisan tomat dan seledri. Sop iga bisa dijadikan makanan yang simple saat sedang ingin makan sesuatu yang hangat dan kaya rempah.

13. Soto Betawi

Soto Betawi merupakan makanan khas Jakarta yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu rempah yang khas. Soto Betawi biasanya disajikan dengan nasi dan irisan tomat serta seledri. Meskipun terlihat simple, soto Betawi tetap menjadi favorit banyak orang karena cita rasanya yang enak dan menghangatkan.

14. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang terkenal dengan kuahnya yang hitam dan kaya akan rempah. Rawon terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah dan air kelapa serta dimakan dengan nasi putih. Meskipun terlihat sulit untuk dimasak, rawon sebenarnya bisa disajikan dengan cara yang lebih simple dan tetap enak.

15. Pecel

Pecel merupakan makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari sayuran hijau seperti kacang panjang, kangkung, dan tauge yang disiram dengan saus kacang dan taburan kerupuk. Pecel bisa disajikan dengan nasi atau lontong. Meskipun terlihat simple, pecel tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena kaya akan serat dan gizi dari sayuran hijau.

16. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan. Nasi liwet biasanya disajikan dengan irisan ayam atau ikan serta krupuk dan acar. Meskipun terlihat simple, nasi liwet tetap memberikan cita rasa yang khas dan enak.

17. Sate Madura

Sate Madura merupakan makanan khas Madura yang terkenal dengan bumbu kacangnya yang khas. Sate Madura terdiri dari daging sapi atau kambing yang ditusuk dan dibakar dengan cara yang sama seperti sate kebanyakan. Bumbunya yang kaya rempah memberikan cita rasa yang khas dan berbeda dari sate kebanyakan. Jika ingin lebih simple, sate Madura juga bisa disajikan dengan nasi putih.

18. Bakso

Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang digiling dan dicampur dengan tepung sagu. Bakso biasanya disajikan dengan kuah kaldu dan mie. Bakso bisa dijadikan makanan yang simple saat sedang ingin makan sesuatu yang hangat dan lezat.

19. Es Doger

Es doger merupakan makanan khas Bandung yang terdiri dari es serut, kelapa, dan campuran buah seperti nangka dan alpukat yang disiram dengan sirup merah dan susu kental manis. Meskipun terlihat simple, es doger tetap memberikan cita rasa yang segar dan manis yang enak.

20. Es Cendol

Es cendol merupakan makanan khas Jawa yang terdiri dari campuran tepung ketan yang dibentuk seperti mie dan kemudian disiram dengan kuah gula merah dan santan serta potongan es batu. Meskipun terlihat simple, es cendol tetap memberikan cita rasa yang segar dan manis yang enak.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas daerah Indonesia yang simple namun tetap lezat. Meskipun simple, makanan khas daerah tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan cita rasa yang khas. Selamat mencoba, Sobat Klasikin!

By Wahyuni