Mon. Jul 22nd, 2024

Sambal Tumpang Tempe Tanpa Santan, Siap Saingi Sambal Khas Padang

Hello Sobat klasikin! Siapa yang tidak suka sambal? Sambal memang menjadi makanan yang tidak bisa dipisahkan dari hidangan Indonesia. Salah satu jenis sambal yang digemari banyak orang adalah sambal tumpang tempe. Sambal yang berbahan dasar tempe ini memiliki rasa yang khas dan cocok disantap bersama berbagai jenis makanan. Namun, tahukah kamu bahwa sambal tumpang tempe juga bisa dibuat tanpa menggunakan santan? Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang resep sambal tumpang tempe tanpa santan yang bisa membuat lidah bergoyang.

Sambal tumpang tempe adalah salah satu sambal khas dari daerah Jawa Tengah. Biasanya sambal ini disajikan bersamaan dengan nasi tumpang yang terbuat dari daun pisang. Nasi tumpang sendiri adalah makanan tradisional yang terdiri dari beberapa lapisan nasi dan lauk yang dibungkus oleh daun pisang. Namun, tidak ada salahnya jika kita mencoba menyajikan sambal tumpang tempe bersamaan dengan makanan lainnya seperti nasi, mie, atau bahkan roti.

Untuk membuat sambal tumpang tempe, bahan utamanya adalah tempe yang dihaluskan. Namun, di dalam resep kali ini, kita akan mengganti santan dengan bahan yang lebih sehat yaitu kacang tanah. Kacang tanah memiliki rasa yang khas dan bisa memberikan tekstur yang kripik pada sambal. Selain itu, kacang tanah juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal tumpang tempe tanpa santan:

  1. 200 gram tempe
  2. 100 gram kacang tanah
  3. 10 buah cabai rawit (atau sesuai selera pedas)
  4. 3 siung bawang putih
  5. 1 buah tomat
  6. 1/2 sendok teh garam
  7. 1/2 sendok teh gula pasir
  8. 1/2 sendok teh air jeruk limau
  9. Air secukupnya

Dalam proses pembuatannya, pertama-tama kita harus menghaluskan kacang tanah terlebih dahulu. Selanjutnya, iris tipis bawang putih dan tomat. Haluskan juga cabai rawit sesuai selera pedas yang diinginkan. Kemudian, potong tempe menjadi ukuran kecil-kecil dan goreng sampai matang. Setelah itu, haluskan tempe bersama dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan.

Setelah bahan-bahan dihaluskan, panaskan sedikit minyak di atas wajan. Masukkan bawang putih dan tomat yang sudah diiris tadi. Tumis hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan campuran tempe dan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Tambahkan air secukupnya dan aduk rata.

Masukkan garam, gula, dan air jeruk limau. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Tunggu sampai sambal matang dan meresap. Setelah itu, angkat dan sambal tumpang tempe siap disajikan.

Sekarang Sobat klasikin sudah bisa mencoba resep sambal tumpang tempe tanpa santan yang sehat dan lezat. Sambal tumpang tempe ini bisa menjadi alternatif untuk sambal khas Padang atau sambal kecap yang sering kita temui di warung makan. Selain itu, sambal tumpang tempe juga bisa dijadikan sebagai sambal pelengkap untuk hidangan keseharian seperti nasi, mie, atau roti.

Kesimpulan

Sambal tumpang tempe tanpa santan memang menjadi makanan yang cocok untuk kamu yang ingin menyantap makanan yang sehat dan lezat. Dengan menggunakan kacang tanah sebagai pengganti santan, sambal tumpang tempe akan menjadi lebih kaya nutrisi dan mengenyangkan. Selain itu, sambal tumpang tempe juga bisa dijadikan sebagai hidangan yang cocok untuk kamu yang ingin mencoba makanan tradisional Jawa Tengah. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan nikmati sensasi pedas dan gurih dari sambal tumpang tempe ini.

By Wahyuni