Mon. Jul 22nd, 2024

Lauk Rawon, Kelezatan Kuliner Khas Jawa Timur

Kenikmatan Makanan Tradisional

Hello Sobat klasikin, ada kuliner khas Jawa Timur yang menjadi favorit banyak orang, yaitu rawon. Lauk rawon disajikan dengan kuah hitam khas yang sangat menggoda selera. Bahan utama dari rawon adalah daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa yang unik dan lezat.

Asal Usul Lauk Rawon

Lauk rawon berasal dari Jawa Timur, tepatnya dari kota Surabaya. Awalnya, rawon hanya disajikan di kalangan kerajaan dan istana kraton. Namun, seiring berjalannya waktu, masyarakat umum pun mulai menikmati sajian kuliner yang satu ini. Kini, rawon sudah menjadi makanan tradisional yang sangat populer dan mudah ditemukan di seluruh Indonesia.

Bahan-Bahan yang Digunakan

Bahan utama dari rawon adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Selain itu, bumbu-bumbu seperti kluwek, lengkuas, kencur, laos, jahe, bawang merah, bawang putih, dan cabai digunakan untuk memberikan rasa dan aroma yang khas. Biasanya, daging sapi dimasak selama beberapa jam untuk memastikan sajian ini memiliki tekstur yang empuk dan lezat.

Cara Memasak Rawon

Untuk membuat rawon, pertama-tama bahan-bahan yang dibutuhkan seperti daging sapi dipotong kecil dan dicuci bersih. Kemudian, bumbu-bumbu seperti kluwek, lengkuas, kencur, laos, jahe, bawang merah, bawang putih, dan cabai dihaluskan dengan blender atau ulekan. Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum. Tambahkan daging sapi yang telah dipotong kecil ke dalam tumisan bumbu dan aduk-aduk hingga daging berubah warna. Rebus daging sapi selama beberapa jam hingga empuk dan kuahnya mengental.

Penyajian Lauk Rawon

Setelah matang, lauk rawon siap disajikan dengan nasi putih. Biasanya, rawon disajikan dengan telur rebus dan tauge sebagai pelengkap. Taburan bawang goreng dan sambal sebagai tambahan untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

Variasi Lauk Rawon

Lauk rawon mempunyai banyak variasi tergantung selera dan wilayah. Ada yang menggunakan daging ayam, bebek, atau hewan lain sebagai pengganti daging sapi. Ada juga yang menggunakan sambal terasi atau sambal petis untuk memberikan cita rasa yang lebih pedas.

Kesimpulan

Sobat klasikin, rawon adalah salah satu kuliner khas Jawa Timur yang sangat lezat. Lauk rawon terkenal dengan kuah hitam khas dan cita rasa yang unik. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara memasak yang mudah, Anda bisa membuat rawon sendiri di rumah. Sajikan lauk rawon dengan nasi putih, telur rebus, tauge, dan taburan bawang goreng. Selamat mencoba!

By Wahyuni