Mon. Jul 22nd, 2024

Hello, Sobat Klasikin! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu kuliner khas Jawa Timur yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana, yaitu Ayam Penyetan Baluran. Siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini? Ayam penyetan yang berasal dari daerah Blitar ini memang sangat terkenal dengan rasanya yang enak dan menggoyang lidah.

Asal Usul Ayam Penyetan Baluran

Sebelum kita membahas tentang kelezatan Ayam Penyetan Baluran, mari kita simak dulu asal-usul dari kuliner yang satu ini. Ayam Penyetan Baluran berasal dari Blitar, sebuah kota kecil di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pada awalnya, Ayam Penyetan Baluran hanya dijual di sekitar kawasan Alun-Alun Blitar, namun seiring berjalannya waktu, kuliner ini semakin berkembang dan menjamur hingga ke pelosok-pelosok kota.

Menurut cerita yang beredar, Ayam Penyetan Baluran pertama kali dijual oleh seorang ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar Alun-Alun Blitar. Karena kelezatan masakan ayam yang dibuatnya, banyak orang yang datang untuk mencoba dan akhirnya kuliner ini semakin populer.

Cara Membuat Ayam Penyetan Baluran

Nah, Sobat Klasikin, sekarang saatnya kita membahas tentang bagaimana cara membuat Ayam Penyetan Baluran yang enak dan lezat. Pertama-tama, ayam yang akan digunakan harus dipotong menjadi beberapa bagian dan kemudian direbus dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang putih, merica, kunyit, dan garam.

Setelah ayam direbus hingga matang, selanjutnya adalah proses penyetan. Ayam yang masih panas kemudian ditumbuk dengan menggunakan alat penyet hingga dagingnya memecah dan terlihat seperti serat-serat. Kemudian, ayam yang sudah di-penyet-kan ini dijejali dengan sambal yang khas dan dicampur dengan sayuran seperti kol, mentimun, dan tomat.

Bagi Sobat Klasikin yang ingin mencoba membuat Ayam Penyetan Baluran di rumah, jangan lupa untuk menggunakan bumbu-bumbu yang berkualitas dan jangan terlalu banyak menggunakan bumbu sehingga rasa ayamnya tidak terlalu berasa.

Kelezatan Ayam Penyetan Baluran

Bagi pecinta kuliner pedas, Ayam Penyetan Baluran mungkin menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan sambal yang khas dan bumbu yang pas, Ayam Penyetan Baluran berhasil menggugah selera kita untuk mencobanya.

Saat disajikan, Ayam Penyetan Baluran biasanya dihidangkan dengan nasi putih yang hangat serta lalapan seperti mentimun, kol, dan tomat. Sambil menikmati ayam penyetan yang pedas dan nikmat, kita juga bisa menikmati segarnya lalapan yang menemani hidangan kita.

Selain enak, Ayam Penyetan Baluran juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan hanya Rp 15.000, kita sudah bisa menikmati seporsi Ayam Penyetan Baluran yang enak dan nikmat.

Tempat Makan Ayam Penyetan Baluran yang Populer

Bagi Sobat Klasikin yang ingin mencoba Ayam Penyetan Baluran, ada beberapa tempat makan yang terkenal dengan kuliner ini di kota Blitar. Salah satunya adalah Ayam Penyetan Baluran Pak Slamet yang terletak di Jalan Panglima Sudirman No. 168, Blitar.

Tidak hanya Ayam Penyetan Baluran, Ayam Penyetan Baluran Pak Slamet juga menyediakan berbagai jenis lauk yang enak dan lezat seperti Ikan Gurame Penyet, Ikan Lele Penyet, dan Bebek Penyet. Dengan suasana yang nyaman dan pelayanan yang ramah, tidak heran jika Ayam Penyetan Baluran Pak Slamet selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai Ayam Penyetan Baluran, kuliner khas Jawa Timur yang menggugah selera. Dari asal-usulnya hingga cara membuatnya, kita bisa mengenal lebih dekat tentang kuliner yang satu ini. Jangan lupa untuk mencoba Ayam Penyetan Baluran saat berkunjung ke kota Blitar dan jangan lewatkan Ayam Penyetan Baluran Pak Slamet yang terkenal dengan kelezatannya. Selamat menikmati!

By Wahyuni