December 2, 2021

Klasikin

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

9 Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Software Keuangan

5 min read

Pengelolaan keuangan bisa menjadi bagian yang rumit dari operasi bisnis. Kabar baiknya, accounting software membuat Anda sebagai pemilik bisnis lebih mudah memantau pergerakan uang yang masuk dan keluar dari akun Anda dan melacak kesehatan keuangan bisnis Anda.

Software yang dapat membuat faktur, melacak pengeluaran, dan menghasilkan berbagai laporan keuangan akan membantu Anda menganalisis operasi keuangan Anda dan akan membantu menjalankan bisnis dengan lebih efisien.

Menemukan software keuangan atau akuntansi yang tepat untuk bisnis menjadi tantangan termasuk fitur yang berbeda, beberapa paket harga dan jumlah pengguna yang berbeda untuk dapat mengakses program tersebut.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda memilih accounting software untuk bisnis Anda:

1. Keamanan Data

Tips yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih accounting software sebelum membelinya yaitu mengenai tingkat keamanan data. Pastikan bahwa software yang akan digunakan memiliki jaminan keamanan data yang kuat. Anda dapat menanyakan hal tersebut kepada developer penyedia software dari pembobolan data secara offline maupun online.

Keamanan data pada software akuntansi berbasis offline tergantung dari pihak perusahaan itu sendiri karena software akan diinstall di komputer dan data pun juga disimpan di dalamnya. Namun jika software ini online, tanyakan secara lengkap pada developer tentang cara penyimpanan dan cara melindungi data.

2. Software Offline atau Online

Teknologi yang kini semakin maju menjadikan perkembangan software pun juga ikut berkembang pesat. Kini telah banyak beredar software akuntansi dalam dua basis yaitu offline dan online. Anda dapat memilih yang menurut Anda tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Software offline berarti cara kerjanya harus memasukkan data tersebut langsung dari komputer pusat yang sudah terintegrasi dengan sistem program. Tetapi jika Anda memilih software online, Anda dapat memasukkan data maupun mengendalikan software tersebut di mana saja asalkan memiliki kode akses.

3. Sesuai dengan Anggaran

Anda dapat menemukan software yang cocok sesuai anggaran. Meskipun Anda dapat menemukan aplikasi yang murah dan bahkan gratis untuk didownload, pertimbangkan apakah opsi ini berguna untuk operasi bisnis perusahaan Anda ke depannya.

Meskipun Anda mungkin membayar lebih untuk beberapa aplikasi akuntansi, itu bisa meminimalkan kesalahan akuntansi umum yang dapat menghemat waktu dan uang, dan mungkin sepadan dengan biaya tambahannya.

Banyak aplikasi atau program akuntansi memiliki tingkat harga berjenjang sehingga Anda dapat membayar apa yang Anda butuhkan dan mendapatkan hasil terbaik. Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dengan satu harga namun dengan fitur lengkap yang bisa Anda jadikan pilihan seperti JURNAL.

4. Mudah Digunakan

Jika Anda adalah pemilik bisnis kecil, Anda mungkin tidak memiliki latar belakang akuntansi. Bahkan jika Anda memiliki departemen akuntansi, sebagai pemilik bisnis Anda ingin memiliki akses dan pemahaman terhadap laporan keuangan dan transaksi yang terjadi di bisnis Anda. Anda juga ingin memastikan bahwa sistem akuntansi Anda mudah dipelajari oleh karyawan.

Temukan software yang memiliki fitur mudah digunakan oleh semua orang di tim Anda. Gunakan software dengan UI yang sederhana dan tidak dibebani dengan fitur yang tidak perlu. Bekerja dengan UI yang bersih membuatnya lebih mudah untuk fokus pada tugas-tugas penting dan dapat mengurangi adaptasi yang menyulitkan dan training.

5. Layanan Customer Support

Hal yang penting namun sering terlupakan adalah memperhatikan dukungan customer support. Apabila Anda baru ingin menggunakan software, maka pastikan vendor penyedia program juga memberi layanan customer support yang memadai. Karena pada awal pemakaian tak jarang Anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi kendala pengoperasian.

6. Dapat Dikostumisasi

Apabila jasa penyedia memberikan layanan berupa dapat dikostumisasi maka bisa menjadi pilihan. Sebab, ini dapat berguna apabila untuk kebutuhan bisnis itu sendiri nantinya. Karena dunia bisnis terus bergerak, maka software yang digunakan juga harus mampu berkembang dan mengimbangi strategi yang terbaru pula.

Memilih accounting software yang akan digunakan bukanlah hal mudah. Sebab, dalam urusan laporan dan pembukuan dibutuhkan ketelitian dalam perhitungan. Apabila terjadi kesalahan dalam perhitungan, maka akan memberikan dampak yang signifikan bagi kelangsungan bisnis tersebut. Namun, jika sudah mendapatkan software yang tepat, maka laporan dan pembukuan keuangan akan selesai dengan hasil yang tepat tanpa adanya kesalahan. Bahkan, data transaksi dapat dipantau secara real time oleh pemilik bisnis.

7. Fitur Back Up Data

Seperti yang kita ketahui bahwa akuntansi selalu berkaitan atau berhubungan dengan Microsoft Excel dalam memasukkan data maupun membuat laporan keuangan. Oleh karena itu, sebaiknya software akuntansi yang Anda pilih juga menyediakan layanan fitur import dan export berupa excel.

Selain memudahkan kita dalam dalam memasukkan data maupun membuat laporan, fitur ini juga berfungsi untuk memastikan keamanan data ketika ada hal yang tidak terduga seperti bug atau kesalahan sistem pada software.

8. User Friendly

Tips selanjutnya dalam memilih software akuntansi yaitu mudah dalam mengaksesnya atau lebih kita kenal user friendly. Antara satu vendor dengan vendor lainnya tentu memiliki sistem pengoperasian dan tampilan UI yang berbeda. Pilihlah software akuntansi yang tampilannya simple sehingga mudah dipahami oleh orang yang ahli maupun orang yang tidak terlalu memahami dunia akuntansi.

Selain itu, software akuntansi yang user friendly akan mengurangi biaya pengeluaran pemilik usaha dalam biaya pelatihan untuk karyawannya dan tujuan usaha pun akan semakin mudah dicapai dalam waktu yang lebih singkat.

9. Latar Belakang Vendor

Mengapa penting mengetahui latar belakang dari perusahaan software tersebut? Karena jika Anda tahu latar belakang perusahaan maka bisa lebih percaya saat membeli software akuntansi.

Tipsnya adalah pilihlah produsen yang berupa perusahaan dibanding perorangan, produsen yang berupa perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas serta komitmen untuk berkembang.

Kedua lihat pengalaman dari produsen tersebut semakin lama usia dari produsen itu semakin banyak juga pengalaman dan wawasannya juga tentu sudah luas mengenai software akuntansi selain itu tentunya produsen itu memiliki tenaga ahli yang berkompeten di bidangnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih accounting software yang tepat untuk bisnis. Keputusan dalam memilih software yang tepat memang memerlukan beberapa pertimbangan seperti fungsi, harga, kemudahan pemakaian dan lainnya.

Pastikan juga Anda mengerti apa yang Anda beli. Anda membeli software akuntansi untuk memudahkan bisnis dan membuat pengeluaran menjadi lebih hemat, bukan sebaliknya yang menyusahkan Anda dan software akuntansi tersebut menjadi pengeluaran pada bisnis yang sia-sia.

Di tengah banyaknya pilihan software akuntansi yang ditawarkan, Anda bisa menggunakan beberapa tips yang telah disebutkan tadi untuk mempertimbangkan mana yang menjadi pilihan.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti JURNAL, yang menyediakan berbagai fitur layanan yang cukup lengkap seperti perhitungan pajak otomatis, perhitungan keuangan, pengelolaan aset, audit terhadap data serta berbagai fitur lengkap lain yang dibutuhkan untuk sebuah software akuntasi yang baik.

JURNAL juga sangat cocok untuk berbagai skala menengah hingga besar karena memberi penawaran harga yang cukup bervariasi dan menarik.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.