July 5, 2022

Klasikin

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

4 Aktivitas Seru di Labuan Bajo yang Harus Kamu Kunjungi

3 min read

Di ujung timur Indonesia terdapat kepulauan yang memiliki keanekaragaman alam luar biasa. Kepulauan itu disebut Nusa Tenggara karena terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang mengitarinya. Terbagi menjadi dua bagian yaitu Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, ada daerah yang konon merupakan surga kecil yang hadir di dunia. Daerah tersebut bernama Labuan Bajo.

Labuan Bajo terletak di Nusa Tenggara Timur. Daerah itu memiliki beberapa titik yang menjadi objek wisata menarik. Mulai dari pantai yang berwarna merah muda, trekking, snorkeling, hingga mengamati Komodo-salah satu hewan purba di dunia-lebih dekat. Adrenalin dan minat untuk mengabadikan momen demi momen tidak akan sia-sia. Percayalah.

Lalu, titik mana sajakah yang bisa kamu eksplor lebih dalam? Simak rekomendasinya. Jangan sampai kamu kelewatan satu titik, ya.

1. Scuba Diving bersama Ikan Pari Manta

Panorama alam yang mengagumkan ketika kamu sampai di Labuan Bajo. Keindahan tersebut semakin lengkap ketika kamu menyelam hingga dasar lautan. Di bawah sana terdapat anugerah terindah yang pernah Labuan Bajo miliki. Kamu bisa mengamati mulai dari gerak bebas ikan berukuran apa saja hingga koral-koral yang cantik.

Jika kamu beruntung, kamu bisa menyelam diiringi dengan ikan pari manta. Salah satu spesies hewan yang cukup ramah dengan kehadiran manusia. Dengan banyaknya jumlah ikan pari di situ, tidak heran jika lokasi tersebut dinamakan Manta Point.

Maka, nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan ketika mampu menikmati keindahan alam bawah laut sembari berenang bersama ikan pari manta. Tunggu apalagi! Segera wujudkan impianmu.

2. Trekking di Pulau Padar

Hal menakjubkan ketika tiba di Labuan Bajo adalah hamparan pemandangan yang elok dan magis. Kamu akan terbuai dengan pemandangannya. Agar tidak larut dalam buaian pemandangan, cobalah beranjak ke Pulau Padar. Rasakan sensasi trekking di sana.

Pulau Padar memang menjadi salah satu tujuan bagi wisatawan yang berkunjung di Taman Nasional Komodo. Hamparan tanaman yang ikonik menjadi alasan utamanya. Apalagi jika kamu berkunjung pada Maret.

Kamu akan disuguhkan barisan bukit dan savana yang tampak hijau. Ini belum lagi ditambah dengan bermacam-macam kapal yang berlalu-lalang di sana. Duh, rasanya tiap langkah menjadi sesuatu yang berharga.

Jika kamu berencana trekking, siapkan staminamu. Jangan lupa sediakan air minum yang cukup. Sebab, kamu akan melakukan trekking selama 45 menit hingga 1 jam. Waktu yang cukup lama, kan?

Tak lupa, alangkah lebih baik jika kamu melakukannya pada pagi saat matahari terbit. Alternatif lainnya, kamu bisa lakukan pada sore ketika menjelang matahari terbenam. Menarik, bukan?

3. Berjumpa dengan Komodo

Tidak elok rasanya apabila berkunjung ke Labuan Bajo tidak mampir ke tempat yang satu ini. Tempat yang memuat salah satu hewan purba. Hewan yang masih bisa bertahan sejak era dinosaurus. Hewan tersebut adalah komodo. Kamu bisa menjumpainya di dua pulau. Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau yang disebut terakhir adalah habitat paling besar di Taman Nasional Komodo.

Namun, untuk menjumpainya, kamu harus mengikuti rambu-rambu yang berlaku. Pertama, jangan pernah terpikir untuk berjalan sendiri. Sebab, komodo adalah hewan liar yang bebas berlalu lalang di habitatnya. Kedua, jika kamu perempuan dan sedang mengalami menstruasi, hindari untuk pergi ke sana. Komodo sangat sensitif terhadap bau darah.

4. Bermain Air di Pantai Pink

Julukan pantai berwarna merah muda alias pink bukanlah isapan jempol belaka. Jika kamu berkesempatan hadir di sana, kamu akan tahu bawah pantainya benar-benar berwarna merah muda. Bagi kamu yang suka berswafoto, rasanya tempat ini sangat cocok bagimu. Keindahan pantainya, deburan ombak, hingga airnya yang jernih sangat sesuai untuk dijadikan background foto. Apalagi jika cuacanya cerah.

Yang perlu kamu ketahui adalah warna pink yang terdapat di pantai tersebut berasal dari hewan yang sangat kecil. Bahkan, hampir tidak terlihat. Hewan tersebut bernama Foraminifera. Ia mengendap di koral yang kemudian membawa ke pinggir pantai berkat ombak. Kemudian hancur dan menjadi butiran pasir.

Itulah empat tujuan wisata di Labuan Bajo yang harus kamu kunjungi. Sebenarnya masih ada tujuan wisata lainnya yang belum dicantumkan di sini. Akan tetapi, setidaknya empat tujuan wisata di Labuan Bajo bisa menjadi daftar liburan kamu selanjutnya.

Selain kamu bisa mengetahui apa saja yang ada di dalamnya, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana Labuan Bajo melalui gawai atau kamera.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika mengunjungi Labuan Bajo!

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.